SBMPTN? PASTIKAN CATAT TIPS DAN TRIK INI!

Jumat, Mei 05, 2017

Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017 diperpanjang sampai Selasa (9/5/2017) pukul 16.00 WIB, so, teman-teman yang masih belum mendaftar masih ada beberapa hari menuju penutupan untuk daftar SBMPTN.

***

Kali ini gue akan bahas tentang tips dan trik lolos SBMPTN yang akan dilaksanakan gak lama lagi.

So, temen-temen yang hari ini masih santai-santai dengan gak belajar, yang cewe malah nonton drama Korea atau yang cowo malah main game online. Kalian parah banget gengs. SBMPTN ini jauh lebih susah dari UN. Dan bayangkan tahun ini, dari apa yang gue baca di Website KR Jogja, berdasarkan data sementara yang dihimpun oleh panitia SBMPTN sampe jam 16.09 WIB kamis kemaren, tercatat 688.748 peserta udah save data mereka secara permanen. Dan fyi, dari apa yang gue baca juga dari Koran Pikiran Rakyat, tahun ini SBMPTN 2017 hanya menyediakan 128.244 kursi di 85 kampus untuk penerimaan mahasiswa melalui SBMPTN 2017. Kebayang kan? Hanya sekitar kurang lebih 18% pendaftar aja yang akan keterima guys.

Masih mau leha-leha? Masih mau santai-santai?

Ayo, jangan males-malesan lagi! Belajar dengan giat! Jangan kalian pikir SBMPTN ini mengandalkan faktor lucky kalian. No, salah besar, gak bisa gitu. SBMPTN ini merupakan jalur dimana kalian harus bersaing ketat dengan ratusan ribu pendaftar lain yang sama-sama belajar mati-matian supaya mereka keterima di Universitas yang mereka impikan. Dimana para pesaing kalian pun gak jarang merupakan anak-anak emas di sekolahnya masing-masing yang gak lulus SNMPTN.
Oke, kali ini gue akan bahas mengenai SBMPTN dulu, gimana sih tips dan trik biar lolos SBMPTN? Let’s check it out!

1    1. Do’a
Guys, sebagai manusia yang memiliki agama dan kepercayaan, usaha aja gak cukup. Kalian juga harus membarengi usaha kalian dengan berdo’a dan ibadah yang tulus, yang rajin, jangan bolong-bolong, berdoa’a minta sama Allah SWT supaya dilancarkan, dipermudah jalannya. Inget, usaha tanpa berdo’a itu kayak berjalan tanpa tujuan. Jangan lupa minta restu orang tua, minta supaya dipermudah juga, supaya lancar juga, dan gak grogi menghadapi SBMPTN.

2    2. Usaha a.k.a Belajar
Ini juga pentiiiiing... Kalo kata Thomas Alpha Edison “Jenius hanyalah terdiri dari 1% inspirasi, 99% perspirasi/ keringat.” yang artinya kalian harus kerja keras, belajar-belajar-belajar. Berdo’a juga tanpa dibarengi kerja keras mah sama aja bohong, mau ngisi apa entar di LJK?

Belajar lah jauh-jauh hari. Rata-rata orang yang lolos SBMPTN itu yang belajarnya giat, continue, dan secara terus menerus. Bukan sistem kebut semalam. Bukan yang begadang sampe gak tidur semalaman sebelum SBMPTN, itu mah menyiksa diri sendiri. Yang harusnya hari dimana SBMPTN dilaksanakan kalian tenang dalam mengerjakan, yang ada malah capek, ngantuk, letih. Akhirnya, soal tidak terselesaikan secara maksimal.

Manfaatkanlah waktu sebaik mungkin, harus berani keluar dari zona nyaman. Jangan mager. Yang biasanya malem dipake nonton drama Korea, gantilah dengan belajar, ngulas dikit-dikit pelajaran lama. Yang biasanya malem dipake main game online, gantilah dengan ngisi soal-soal SBMPTN yang ada. Jangan ada kata mager diantara kalian dengan pelajaran. Bahaya guys. Yang lo isi di LJK nanti merupakan hasil dari apa yang lo pelajari selama ini.

Kalian juga jangan terlalu terpaku sama hafalan rumus. Hafalan mah bisa buyar kalo kalian kena demam panggung alias grogi, namun temukan lah cara kalian menuju rumus itu, dengan kata lain temukan konsepnya sendiri, biasanya apa yang kalian temukan sendiri jauh lebih tertanam di otak kalian.

3    3. Catat baik-baik TATA TERTIB UJIAN


 Sumber: Website Resmi SBMPTN 2017

Buat kalian yang ujiannya PBT alias ujian tertulis, catat baik-baik apa yang ada di foto diatas. Gak jarang nih, orang-orang yang gak lolos ujian SBMPTN adalah mereka yang tidak memperhatikan hal-hal kecil.

Mulailah dari mengetahui ruang ujian dan lokasi ujian paling lambat sehari sebelum ujian berlangsung. Apalagi yang lokasi ujiannya diluar kota. Ini wajib banget dilakukan. Cari aman, biar tenang juga. Jangan sampe gak tau lokasi ujian tapi dateng di hari H. Please, lo gak tau apa yang akan terjadi di waktu yang akan datang, siapa tau nyasar lah, ini lah, itu lah. Musibah mah siapa yang tau. Makanya persiapkan segala sesuatu dengan sebaik mungkin.

Lalu, perlengkapan yang harus dibawa. Siapkan jauh-jauh hari sebelum ujian berlangsung.
  • Kartu tanda peserta ujian
  • Fotocopy ijazah SMA/SMK/MA atau yang sederajat dan sudah dilegalisasi. Lulusan tahun 2017 sekurang-kurangnya telah membawa Surat Keterangan Lulus (SKL) dari Kepala Sekolah yang dilengkapi dengan pasfoto berwarna terbaru yang bersangkutan dan dibubuhi cap sekolah
  • Pensil hitam 2B secukupnya
  • Rautan pensil
  • Karet penghapus yang bersih dan lunak
  • Ballpoint hitam

Jangan sampe kalian bawa lupa salah satu dari mereka. Jangan sampe kejadian salah satu temen gue ini terjadi juga sama kalian. Saat ujian akan dimulai, dia lupa bawa Surat Keterangan Lulus (SKL) dari Kepala Sekolah yang dilengkapi dengan pasfoto berwarna terbaru yang bersangkutan dan dibubuhi cap sekolah. Fatal banget kan guys? Mana lokasi SBMTPN itu gak jarang jauh dari domisili kita. Gak bisa kan mendadak pulang dulu ngambil SKL, gimana nanti ujiannya?

Satu lagi, jam tangan. Jam tangan menurut gue sangat penting, supaya lo tau kapan lo harus selesai mengerjakan soal-soal yang ada dihadapan lo juga bisa mengatur waktu melalui jam.

Sumber: Website Resmi SBMPTN 2017

Nah, buat kalian yang ngambil SBMPTN dengan ujian CBT, sama aja sih yang perlu diperhatikannta sama PBT. Namun ada tambahan, yang paling penting adalah pastikan kembali identitas dan jawaban yang telah diisikan sebelum  “klik” tombol selesai ujian. Ini penting banget. Jangan sampe lupa “klik” tombol selesai, jangan sampe lupa.

Okeee guys, mungkin itu tips dan trik SBMPTN 2017 menurut gue ya. Semoga temen-temen yang ikut SBMPTN lolos dan bisa membanggakan universitas dimana kalian diterima. Semangat guys, percaya diri, kalian pasti bisa! Jangan lupa berdo’a dan belajar, minta restu orang tua biar berkah men. Next post, gue akan ngasih beauty tips about jerawat, just wait and see ya!




You Might Also Like

0 komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Powered By Blogger