Menghabiskan Minggu Pagi di Car Free Day

Minggu, Mei 14, 2017


Car Free Day, rasanya sudah tidak asing lagi mendengar kalimat ini, bukan? Yups, hari ini saya pergi ke Car Free Day dalam rangka menghabiskan minggu pagi. Sebelum saya cerita apa saja yang saya lakukan dan temukan di Car Free Day kali ini, yuk kita cari tahu dulu gimana sih Car Free Day bermula. Let’s check it out!

Car Free Day adalah sebuah kegiatan kampanye untuk mengurangi tingkat pencemaran udara di kota-kota besar di seluruh dunia yang disebabkan oleh kenderaaan bermotor. Bermula pada tanggal 25 November 1956, Belanda melaksanakan Car Free Day setiap hari Minggu, kemudian Francis pada tahun tahun 1995 melaksanakan pesta memperingati Green Transport Week di kota Bath, semua masyarakat turun ke jalan untuk merayakan acara tersebut. Inilah perjalanan panjang sejarah kegiatan Car Free Day , yang pada akhirnya kegiatan ini diperingati setiap tanggal 22 September di seluruh dunia.

Kegiatan Car Free Day pertama kali dilaksanakan tahun 2001 di Jl Imam Bonjol yang saat itu dilakukan penutupan jalan setelah beraudiensi dengan pihak kepolisian dan diputuskan oleh Irjen Pol Djoko Susilo untuk melakukan penutupan jalur sudirman - Thamrin dan  pada saat hari bumi dan dilanjutkan tanggal 22 September 2002 yang berlangsung dengan sukses, dimana pada saat itu KPBB dan para aktifis lingkungan hidup bersama masyarakat mengkampanyekan penghapusan penggunaan bensin bertimbel. Maka dicetuskanlah untuk melakukan kegiatan Car free day yang pada awalnya kegiatan ini hanya sebatas kampanye semata, untuk mengingatkan para pemilik kendaraan bermotor pribadi agar lebih bijak dalam pemakaian kendaraan pribadinya. Setahun berikutnya, tepatnya pada tanggal 21 September 2003, Pelaksanaan Car Free Day mulai menyebar keseluruh penjuru dunia. Perayaan kegiatan car free sedunia serempak dilaksanakan oleh 1500 kota di dunia termasuk Jakarta, dihadiri 112 juta manusia. (Sumber: carfreedayindonesia.org)

***

Hari minggu merupakan hari dimana umumnya semua orang berhenti sejenak dari aktivitas biasa yang mereka lakukan sehari-hari. Banyak orang menghabiskan hari minggu dengan berbagai cara. Ada yang pergi berlibur ke tempat wisata, pergi berbelanja, pergi ke Car Free Day, atau bahkan hanya sekedar bermalas-malasan di rumah.

Nah, hari minggu pagi ini saya pergi ke Car Free Day atau biasa disingkat CFD. CFD di Garut tidak berbeda jauh dari CFD dibanyak kota lain. Banyak hal yang bisa kita temukan di CFD ini. Tidak hanya sarana untuk berolahraga, namun di CFD ini sudah seperti surganya berbelanja teman-teman. Tidak banyak hal yang saya persiapkan untuk pergi ke Car Free Day ini. Hanya berbekal uang secukupnya dan kamera saya pun pergi sekitar pukul setengah 9 pagi.

Setibanya saya di perbatasan area Car Free Day, hal yang pertama saya lihat adalah banyak sekali orang berlalu lalang. Banyak dari mereka berjalan bersama dengan keluarga, teman, atau bahkan pasangannya. Tidak hanya berjalan atau berolahraga kecil saja, namun mereka juga sebagian pergi berbelanja atau hanya sekedar melihat-lihat, dan sebagian pergi makan. Disini tak hanya menjadi sarana olahraga namun menjadi surganya berbelanja, tak kalah dari supermarket disini pun serba ada. Mulai dari pakaian, sepatu tas, makanan, minuman, bunga, atau pun aksesoris dan make up wanita, semuanya ada.

Dok. Pribadi

Dok. Pribadi

Selain itu saya juga menemukan perpustakaan keliling milik perpustakaan daerah Kab. Garut, perpustakaan mini ini disediakan didalam mobil, cukup banyak buku bacaan yang bisa dibaca berbagai kalangan. Selain belanja, kita juga bisa mendapat ilmu di Car Free Day ini.

Dok. Pribadi

Selain jajanan dan belanjaan, saya juga melihat berbagai pertunjukan diantaranya pertunjukan muaythai yang sangat begitu dikerumuni orang-orang. Disana mereka mempertunjukkan bagaimana muaythai itu kepada orang-orang yang melihat, sangat seru dan menegangkan tentunya.

Dok. Pribadi

Ada juga pertunjukan menyanyi dan bermain musik dari beberapa Ibu-Ibu dan Bapak-Bapak didepan Kantor dekat Kejaksaan Negeri Garut, tak kalah digandrungi, para penonton melihat pertunjukan ini sambil menikmati makanannya. Sangat menghibur tentunya.

Dok. Pribadi

Cukup melihat di sepanjang Jl. A. Yani, saya beranjak pergi ke alun-alun kota. Disana tak kalah seru, penjualnya pun tak kalah banyak. Namun yang berbeda disini, para penjual mengelilingi sarana bermain anak, ada becak-becakan, motor cross mini, delman domba, dan masih banyak lagi, bagaimana, seru bukan?

Dok. Pribadi

Dok. Pribadi

Dok. Pribadi

Dok. Pribadi

Bagaimana teman-teman? Seru bukan? Tak perlu mengeluarkan uang yang banyak, minggu pagi kalian bisa terhibur dengan mengunjungi Car Free Day setiap hari minggu mulai pukul 06.00 - 09.00 WIB di sepanjang Jl. A. Yani dan Alun-Alun Kota Garut. :)

You Might Also Like

0 komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Powered By Blogger