JERAWAT HILANG TAK BERBEKAS? COBA PAKAI INI! (UPDATED! Plus Rangkaian Skincare)

Minggu, November 08, 2020

Hi.. Hi.. Hallo semuanyaaaa!!!
Akhirnya after hiatus beribu purnama, I'm back guys!

Wah lama banget ya hiatusnya, dari awal masuk kuliah sampe sekarang nunggu wisuda. OMG maaf banget, sepertinya kuliahku padat luar biasa :"D. Nanti kita cerita tentang masa kuliahku yaa, siapa tau bisa diambil yang baiknya jika ada dan tentu saja buang yang buruknya yang pasti ada aja, hehe.

***

Oke langsung aja, kali ini aku mau berbagi pengalamanku dengan jerawat season 2, wow lama juga dari season 1 di Mei 2017 lalu (kalian bisa check di postingan aku mengenai jerawat sebelumnya ya). Baru kali ini jerawatku kembali lagi dengan agak lumayan, guys. Penyebabnya karena aku males skincare-an (jangan dicontoh pls) saat bulan-bulan sebelumnya stress skripsian. Huhu.

Kita cerita dulu yaa, jadi sejak bulan-bulan awal adanya Covid-19, aku masih skripsian dan tentunya Covid-19 ini buat aku tambah stress karena skripsiku jadi lumayan terhambat (Cheers to us Angkatan Covid-19, kita kuat guys!). Nah di awal bulan Maret - Juli, aku masih rajin skincare-an, maskeran hampir tiap hari, pokoknya masih rajin dan teratur deh. Karena kulitku ini tipe normal to dry, jadi jarang sekali muncul jerawat except kalau mau haid atau aku males double cleansing abis full make-up.

Masuk bulan Agustus, mulai puncaknya stress skripsi karena udah deket deadlineku (abis semester 8) alias aku gak mau sampai aku masuk semester 9. Alhamdulillah skripsiku di acc sidang tepat saat akhir perwalian semester 9 (gak bayar lagi, gak masuk semester 9, keajaiban datang dari mana saja, doa akan selalu dikabul tepat waktunya, percayalah, terima kasih teruntuk kedua dosen pembimbingku yang baiknya bukan main :”)).

Malah curhat, next..

Nah di bulan inilah aku gak skincare-an sama sekali kalo gak salah. Aku hanya cuci muka pakai facial wash aku yang Senka Perfect White. Saat itu aku rasa aku gak sempet dan gak memaksakan memakai skincare karena aku tidur subuh mulu atau aku bisa gak tidur seharian soalnya stress kepikiran haha, dan aku juga lebih suka mengerjakan malam hari karena gak terganggu apapun. Selama bulan Agustus itu, muka aku masih baik-baik aja meski gak pakai skincare karena aku rajin banget minum air putih. Aku bisa minum lebih dari 2 liter sehari. Tapi masuk bulan September mulai muncul beberapa jerawat di dahi. Sepertinya karena kulitnya gak terawat terlalu lama. Aku pikir itu masih normal, mungkin  ketambah karena pola tidurku lagi rusak, dan aku lagi stress pikirannya. Masih aku biarin karena biasanya hilang sendiri, hanya saja aku mulai skincare-an lagi seperti biasanya.

Pertengahan bulan Oktober, jerawatku mulai merembet ke pipi tapi hanya 1 atau 2 aja, gak banyak. Tapi karena jerawat di dahiku gak kunjung menghilang, akhirnya aku memutuskan untuk ganti rangkaian skincare-nya dan pakai obat jerawat. Aku masih ingat, aku beli rangkaiannya tanggal 19 Oktober 2020 dan jerawat di dahiku hilang per tanggal 4 November 2020. Agak ajaib ya, apa yang aku pakai ternyata cocok dan jerawat di dahiku gak berbekas. Kecuali di pipi masih ada bekasnya dikit lagi, tapi pudar banget gak nyangka, padahal agak bandel kalo jerawat di pipi :”D.

Yukkk langsung kita bahas apa aja sih rangkaian skincare update ku saat muka ku berjerawat ini?

1.       COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner

Dok. Pribadi (Jujur cinta banget sama ni toner yang tinggal dikit lagi banget sorry wkwkw)

Sebelumnya aku memang sudah memakai toner ini dalam rangkaian skincareku, namun dipakai bergantian dengan Keyglow Saffron Herbal Extract Toner. Saat kulitku berjerawat, aku hentikan pemakaian Keyglow dan mengganti waktu pemakaian toner COSRX ini. Biasanya aku pakai setelah aku cuci muka. Namun setelah aku berjerawat kemarin, aku gunakan COSRX toner ini sebelum aku cuci muka seperti penggunaan micellar water. COSRX toner ini membantu aku dalam membersihkan kulit mati di mukaku, kalo udah pake ini rasanya kulit mulus banget. Karena claimnya pun menghaluskan wajah.

Teksturnya COSRX toner ini layaknya toner pada umumnya, seperti air putih dan tidak berbau apapun. Aku pakai 2x sehari, saat pagi dan malam. Aku beli ini di Sociolla, kalo lagi diskon harganya Rp. 150.000, harga normalnya Rp. 200.000. Jujur ini adalah toner terbaik yang works di aku. Hanya saja kekurangan dari COSRX toner ini aplikatornya disemprot, menurut aku boros karena teksturnya kaya air putih. Jadi kalo aku pake ini, aku buka tutup botolnya langsung tempelin kapas biar gak boros-boros banget haha.

2.      Acnes Creamy Wash

Dok. Pribadi (Mon maap ni tangan laki, alias tangan si bungsu yang lagi dirumah, berbaik hati membantu kakaknya)

Setelah penggunaan toner, aku langsung cuci muka menggunakan facial wash seperti biasa. Untuk facial wash, sebelumnya aku pakai Senka Perfect White. Sebetulnya Senka ini cocok di mukaku, tapi karena aku pengen jerawatku cepet hilang, aku pikir semua yang berlabel Acne akan aku gunakan sementara haha dan jatuhlah pilihanku di Acnes Creamy Wash ini. Teksturnya lembut banget, creamy, wanginya gak menyengat alias santai banget tercium hidung, saat digunakan pun gak memunculkan banyak busa. Yang paling penting, after pemakaiannya aku merasa kulitku lebih gentle, gak ada sensasi ketarik seperti aku menggunakan Senka. Mungkin karena Senka busanya banyak kali yah, tapi untuk mencerahkan Senka juara sih.

Harganya juga terjangkau banget hanya Rp.16.500-an kalo gak salah. Aku beli ukuran paling kecil 50gr karena takut gak cocok di Toserba Yogya Garut. Btw ini pengalaman pertamaku pakai produk dari Acnes dan aku suka-suka aja guys. Gak menimbulkan efek samping apapun, after pemakaiannya pun bagus, aku merasa kulitku sehat juga.

3.      Himalaya Purifying Neem Mask

Dok. Pribadi

Abis cuci muka, aku langsung maskeran, jujur masker ini juara banget, cocok banget di aku. Aku tau masker ini dari instastorynya Abel Cantika dan banyak juga reviewnya di explore instagramku. Masker ini dari segi tekstur ada scrubnya, warnanya hijau tua pekat, baunya lumayan menyengat tapi menurutku masih aman. Aku pakai ini hampir tiap hari saat kulitku berjerawat, saat pake ini sensasi kulit ketariknya kerasa banget dan untuk bagian jerawatnya kerasa cekit-cekit gitu lah ya. Pain tolerance aku lumayan tinggi, jadi menurutku gak sakit-sakit banget biasa aja. Aku pakai sekitar 15-30 menit. Lalu langsung aku bilas sambil scrub mukanya sekalian. After pemakaiannya aku ngerasa kulitku lembut kaya kulit bayi, gak ngerti dan agak cerahan juga. Gak ada efek samping apapun di kulitku. Jadi buat aku masker ini juara sih. Harganya pun masih terjangkau, Rp. 43.000, aku beli di Alfamart terdekat.

4.      Serum

Dok. Pribadi

Nah setelah pakai masker, aku pakai serum langsung. Serum yang aku gunakan ganti-ganti. Sebelumnya pakai Elsheskin Radiant Serum, belinya di Sociolla juga dengan harga saat ini Rp. 215.000-an, kalo lagi diskon bisa Rp. 180.000-an. Teksturnya cair, agak lengket, hanya saja dia ini gak boleh kena jerawat jadi agak ribet ya sist emang. Efek mencerahkannya lumayan cuma untuk bekas jerawat agak lama yaaah.

Dok. Pribadi

Sekarang aku lagi suka pakai Scarlett Brightly Ever After Serum. Untuk harga aku gak tau, karena ini hadiah dari Neng (Maaci ya neng). Kalian bisa search aja di official store Scarlett-nya yaa. Teksturnya bening, agak kental dan lengket. Aku pakai ini udah berapa hari berarti ya, sekitar 11 harian. After pemakaiannya di aku ngerasa mulus banget jujur haha, mulus mulu yah, tapi serius emang gituuuu :(. Gak ada efek samping apa-apa. Cerahan juga ke muka. Mantep juga ya. Repurchase? Mau kayanya! Ini oke!

5.      Medi-klin TR (warna ungu)

Dok. Pribadi

Setelah penggunaan masker, aku pakai salep ajaib ini. Tersedia di apotek-apotek terdekat. Aku beli di Apotek Bagja Garut, harganya Cuma Rp. 53.000 saja. Naik Rp. 8.000 yah guys kalo dibanding 2017 lalu, haha. Dialah juaranya, masih sama seperti jerawat season 1 ku, dia ampuh banget buat jerawat. Teksturnya kayak gel, bening banget. Aku pakai ini setelah membilas masker. Aku pakai hanya di jerawatnya saja, totolin dikit aja. Aku gunakan tiap mau tidur dan saat pagi hari. Saat dipake ga ada rasa apa-apa, dingin. Setelah beberapa hari pakai ini, jerawatku mengering, begitupun kulitnya mengelupas (kalo orang Sunda bilangnya “megar”). Tapi tenang, itu normal banget menurutku. Nanti lama kelamaan akan bersih sendiri. Mantap banget. Yang paling penting adalah jangan dimainin jerawatnya dan jangan digosok. Kalo terlanjur digosok biasanya akan perih. Kalo kalian merasakan hal ini, berhentikan penggunaannya sehari dan besoknya pake lagi, okay!

Penggunaan salep ini lebih baik digunakan pas emang mau muncul jerawatnya, 2-3 hari bisa kempes  dan kering langsung. Untuk bekas jerawat sebenernya bisa juga, hanya agak lama proses penyembuhannya. Kalo masih anget jerawatnya, di aku sih langsung ilang tanpa bekas guys!

6.      Obat Dokter

Dok. Pribadi

Nah untuk obat dokter ini, kalo gak salah namanya obat iritasi dari dr. Hadi, praktiknya di Apotek Patriot Garut. Harganya aku kurang tau karena ini milik Mama. Aku pake iseng juga coba-coba karena ada di kulkas geng :”D ternyata bagus. Aku pake di bekas jerawat yang udah lama dan aku pake di bekas luka hidung juga, jujur hilang dengan cepat. Sebenernya pake salep Medi-klin TR ungu tuh udah cukup kalo untuk jerawat, cuma kalo pake ini, juara banget jadinya. Penyembuhannya cepet banget. Teksturnya warna putih gitu kayak cream. After pemakaiannya jadi berminyak si creamnya ini. Aku pake di daerah yang ada bekas jerawatnya aja. Dipake sehari 2x aja.

Nah jadi gitu lah guys rangkainnya. Ya ampun panjang banget, so sorry. Setelah aku baca lagi hampir semua skincare baruku ini gak punya efek samping yang negatif ya di aku, aku juga gak tau karena aku pake apa-apa tuh biasanya cocok-cocok aja. Cuma ada yang ngefek bagus, ada yang gak ngefek sama sekali hehe. Ya namanya skincare cocok-cocokan. Cocok di aku belum tentu cocok di kalian, begitupun sebaliknya. Semoga pengalamanku ini bisa membantu teman-teman yang mengalami hal sama seperti aku. Inget yaa, aku bisa cepet ilang jerawat dan bekasnya, karena aku pakai semua rangkaian ini  dan cocok banget di aku. Aku gak tau kalo pakainya cuma sebagian aja akan works atau engga. Kalo works jangan lupa tag aku di instagram @zizaulhaq yaa, biar nanti kita sharing lagi hal yang baru- baru. :D

***

Thank you for reading! See you soon, guys!


You Might Also Like

0 komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Powered By Blogger